Eitzz.. jangan panik & nyerah gitu aja masbro, masbro bisa coba tips ini, berikut ritual-ritual nya :
1. Tekan tuas kopling beberapa kali,
apakah terdengar suara “klik” di CDI, jika tidak lanjut keritual berikutnya
2. Menekan saklar engine cut beberapa kali,
apakah terdengar suara “klik” di CDI, jika tidak lanjut keritual berikutnya
3. Coba buka & pasang kembali konektor kabel ke CDI.
jika belum bisa :
1. Buka baut pengunci tuas kopling menggunakan kunci pas 10,
2. Bersihkan sensor dari kotoran-kotoran yang menempel, (gambar2)
3. Semprotkan cairan 4WD/Chainlube
4. Tekan sensor menggunakan Obeng/ tools apa saja,
(untuk mengecek apakah sensor bekerja dengan baik/ maju-mundur)
5. Pasangkan & kencangkan kembali baut pengunci tuas kopling
6. Tes si KEBO, hidupkan mesin pada posisi gigi masuk dan tekan kopling
(kl mesin nyala berarti permasalahannya ada di sensor kopling)
Jika si kebo besi masih ga mau hidup jg, lanjut ke ritual selanjutnya
7. Buka konektor sensor kopling (gambar3)
(tools bisa menggunakan pinset/ obeng minus kecil)
Pastikan konektor bersih dari kotoran/air yang ngumpet di sela-sela konektor dan pin penghubung antar konektor tidak longgar sewaktu konektor terpasang
8. Tes hasilnya, hidupkan mesin pada posisi gigi masuk sambil menekan kopling
Brum….brum…brum
Semoga bermanfaat….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar